Panduan Lengkap Meta Tag Pada Blog

Written Putra Andana on Tuesday 9 July 2013

Memasang Meta Tag Pada Blog

Apa itu Meta Tag?

Meta tag itu terdiri dari satu set elemen yang menggambarkan isi pada web. Meta tag itu sangatlah penting untuk berbagi informasi tentang web atau blog kita dengan browser atau crawler mesin pencari. Meta tag ini sangatlah penting untuk Optimasi Mesin Pencari atau SEO untuk menarik Search Engines tentang topik dan isi pada halaman web atau blog tertentu, dan Meta tag ini dimasukkan di daerah <head> dokumen HTML.

Apa Tujuan Meta Tag?

Meta tag ini mengandung data yang terdiri dalam Meta di dokumen HTML, dan ini terdiri dari berbagai unsur yang dapat digunakan untuk menjelaskan secara detail tentang web atau blog pada halaman tertentu.

Contoh Meta Tag

Meta tag dapat kita temukan pada Template, lebih tepatnya di antara kode <head> dan </head>. Sebagai contoh lihatlah pada Tag HTML berikut.

    <meta content='Your Blog Description here!' name='description'/>
    <meta content='Your Keywords here!' name='keywords'/>
Note: Pada Meta Tag diatas merupakan contoh dari Meta Tag Description yang mengartikan ringkasan pada halaman web atau blog, dan sedangkan Keywords ini mengartikan sebuah kata kunci yang sesuai pada isi halam web atau blog. Kedua Meta Tag diatas adalah salah satu Meta Tag yang sangat penting dalam suatu halam web atau blog.

Penjelasan Rinci Tentang Meta Tags

Tag Description adalah tag yang menampilkan ringkasan pada halaman web atau blog anda, dan Tag ini menjadi suatu bibit untuk mengoptimalkan halaman web atau blog anda di Search Engines.

Contoh Meta Description Tag

Lihat pada Tag dibawah ini.

<meta content='Your Blog Description here!' name='description'/>

Daerah konten terdiri dari informasi ringkas yang ada pada halaman web atau blog anda, sebagai contoh pengisiannya 'Blog tentang tutorial, tips dan trik seputar Blogger atau Blogspot dan Free Blogger Templates' jumlah karakter dalam pengisian ini maksimal 160 karakter.

Meta Tag Keywords

Meta Tag Keywords ini mengartikan sebuah kata kunci yang sesuai pada isi halam web atau blog. Kedua Meta Tag diatas adalah salah satu Meta Tag yang sangat penting dalam suatu halam web atau blog. Sebagai contoh lihat pada Tag dibawah ini.

<meta content='Your Keywords here!' name='keywords'/>

Daerah konten yang berfungsi untuk menemukan informasi pada halaman web atau blog anda, meta ini haruslah benar-benar memilih Kata Kunci atau Keywords yang sesuai pada isi halaman web atau blog anda. Sebagai contoh pengisiannya tentang ulasan halaman web 'Teknik Pembelajaran SEO' isilah pada Tag Keywordnya seperti 'SEO, Teknik, Panduan Lengkap SEO, Belajar SEO' Janganlah memasang Kata Kunci pada Tag ini yang berlebihan atau spam.

Meta Author Tag

Meta ini menceritakan tentang si penulis konten pada halaman, sebagai contoh lihatlah pada Tag dibawah ini.
<meta content='Author Name here!' name='Author'/>

Meta Robots Tag

Meta Robots Tag ini menganalisa tentang si Tag robot dalam mesin pencari, tag ini seakan memberi sinyal kepada si mesin pencari untuk mengindeks atau tidak kepada halaman web atau blog tertentu.

<meta content='index, follow' name='robots'/>

Note: Index itu mengikuti, sedangkan Noindex lawan artinya.

Cara Penggunaan Meta Tag - Cara Memasang Meta Tag

<head>
<meta content='Your Blog Description here!' name='description'/>
<meta content='Your Keywords here!' name='keywords'/>
<meta content='Author Name here!' name='Author'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
</head>
Mungkin itulah sebagai Pemandu atau Mengenal seluk beluk tentang Meta Tag, dilanjut pada postingan selanjutnya. Sebagai pendukung SEO jangan lupa pasang Sitemap atau Daftar Isi pada blog anda yak.
Judul: Panduan Lengkap Meta Tag Pada Blog
Ditulis Oleh Putra Andana
Rating: 5.0
Anda Telah Membaca Postingan Ini Panduan Lengkap Meta Tag Pada Blog

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

3 comments:

 
Support : SEO Blog | Cara | Blogspot
Copyright © 2013. OMPAPS WUSSS - All Rights Reserved
Template by Maskolis Design by Ompaps
Proudly powered by Blogger